UMUM

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

JURU WARTA ONLINE

Ciptakan Kekondusifan di Bulan Puasa, Kapolres Belawan Bagikan Takjil ke Pengendara

BELAWAN, JWO- Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP H Ikhwan Lubis SH MH dan PJU serta Ibu-ibu Bhayangkari melaksanakan giat bagi-bagi takjil gr...

Header Ads

VIDEO

NASIONAL

KRIMINAL

POLITIK & HUKUM

DAERAH

OLAHRAGA

KESEHATAN

» » Polres Belawan Kawal Pembacaan dan Penghitungan Akhir Suara Pemilu 2019

BELAWAN, JWO- Polres Pelabuhan Belawan bersama Yonmarhanlan I Belawan mengawal  pembacaan dan penghitungan akhir suara pemilu 2019 di kantor Kecamatan Medan Belawan Jalan Cimanuk Kelurahan Belawan I Kota Medan Provinsi Sumatera Utara, Rabu (8/5/2019).

Informasi yang diperoleh, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Medan Belawan menyebutkan kegiatan akan dimulai saat para saksi telah hadir, namun ketua PPK Medan Belawan Vivi Ariayani belum dapat hadir dikarenakan ada rapat internal di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Medan.

“Kita masih menunggu kedatangan saudari Vivi Ariyani untuk melanjutkan kegiatan berikutnya, yaitu memberitahukan kepada para saksi tentang hasil penghitungan suara akhir untuk kelurahan Belawan I,” ucap anggota PPK.

Kemudian, guna mengantisipasi kejenuhan para saksi, maka anggota PPK memberitahukan kepada para saksi bahwa hasil penghitungan suara akhir untuk Kelurahan Belawan I belum selesai dan belum di photo copy. Sedangkan yang sudah selesai dihitung baru mencapai 5 kelurahan.

Atas kesepakatan bersama, para saksi tidak setuju untuk dibagikan dan meminta harus lengkap 6 Kelurahan. Dengan hal tersebut terjadi tanya jawab antara pihak PPK dengan para saksi, lalu pihak Panwaslu Kecamatan pun meminta kepada pihak PPK untuk menunda atau menskorsing waktu penghitungan sampai pukul 20.00 Wib sembari menunggu Ketua PPK Medan Belawan dari kantor KPUD Kota Medan.

Setelah mendengar himbauan dari Panwaslu, para saksi menyetujuinya dan meminta kepada PPK segera menyelesaikannya. Selanjutnya para saksi membubar diri ke rumah masing-masing dengan kepastian bahwa kelanjutan penghitungan akan dikabari oleh PPK Medan Belawan kepada para saksi melalui via telepon.

Selang beberapa jam kemudian, tepatnya pada pukul 20.00 Wib, kegiatan pembacaan dan penghitungan suara tingkat Kecamatan dapat dimulai dengan pimpin rapat pleno oleh ketua PPK Medan Belawan Vivi Ariyani.

Selanjutnya, Ketua PPK Medan Belawan membacakan surat suara untuk Kelurahan Belawan I yang masih bermasalah. Namun pada saat ketua PPK membacakan hasil suara, saksi dari partai Gerindra dan Partai Hanura memprotesnya, karena menurut mereka tidak sesuai jumlah suara dengan C1 sehingga terjadi perbaikan dari pihak PPK.

Sementara, setelah dilakukan kroscek ulang tidak ditemui letak kesalahannya, sehingga Ketua PPK menyampaikan kembali kepada para saksi kedua partai yang protes tersebut. “Bahwa permasalahan akan diselesaikan di KPUD kota Medan, karena hasil DAA1 dan DA1 akan dikirim ke KPUD kota Medan malam ini juga,” ucap Vivi Ariyani yang langsung disetujui oleh para saksi.

Masih berlanjut, tepat pada pukul 23.00 Wib kegiatan pembacaan dan penghitungan akhir suara Pemilu 2019 tingkat Kecamatan Medan Belawan telah selesai dan para saksi menandatangani DAA1. Berikutnya pada pukul 01.05 Wib kegiatan penandatanganan  DAA1 telah selesai dilaksanakan dan dilanjutkan dengan acara pengucapan syukur dan terima kasih dari Ketua PPK beserta Camat Belawan Ahmad SP atas berlangsungnya kegiatan pembacaan dan penghitungan suara akhir tingkat kecamatan Medan Belawan berlangsung lancar dan aman.

Akhirnya, tuntas seluruh rangkaian kegiatan di PPK Medan Belawan dengan ditandai tepat pada pukul 02.30 Wib kotak suara yang berjumlah 13 Kotak berisi hasil penghitungan suara tingkat Kecamatan Medan Belawan yang dihasilkan dalam rapat pleno yang terdiri dari 6 Kelurahan.

Proses selanjutnya, ketiga belas kotak suara tersebut dibawa Ke Hotel Dharma Deli Medan Jalan Balai Kota dengan menggunakan satu unit Mobil Pick Up jenis Suzuki Mega Cary warna hitam bernomor polisi BK 9259 J dengan drivernya Hendri Lubis yang dikawal langsung oleh personil Polres Pelabuhan Belawan dan Personil Yonmarhanlan I Belawan.

Kegiatan ini dihadiri oleh ketua PPK Medan Belawan Vivi Ariany bersama anggota, Panwaslu Kecamatan Sumarlin Marbun bersama anggota Bawaslu, para saksi dari Capres serta Cawapres 01 dan 02, para saksi dari Partai dan Caleg DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kab/Kota serta DPD.

Tampak juga hadir mengikuti kegiatan yakni Waka Polres Pelabuhan Belawan Kompol Taryono Raharja SH SIK, Kasat Sabhara AKP Eryanto Ginting S.Sos, Kasat Narkoba AKP Edy Safari SH, Kasat Intelkam IPTU SBI Manullang bersama para Kanit Intelkam, Kapolsek Medan Belawan Kompol Safaruddin Tama Siregar, Waka Polsek Belawan AKP Ngemat Surbakti, Camat Medan Belawan Ahmad SP dan personil Yonmarhanlan I Belawan.(Red)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply