UMUM

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

JURU WARTA ONLINE

Keliling Berpatroli, Team Pegasus Polsek Sunggal Ringkus 2 Pelaku Jambret

SUNGGAL, JWO- Team Pegasus Polsek Sunggal meringkus dua orang pelaku jambret yang beraksi di Jalan Gagak Hitam Ring Road Kelurahan Sei Sik...

Header Ads

VIDEO

NASIONAL

KRIMINAL

POLITIK & HUKUM

DAERAH

OLAHRAGA

KESEHATAN

» » Wong Chun Sen : Pelaksanaan UNBK, Banyak Sekolah SMP Minim Fasilitas Komputer

MEDAN, JWO- Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang merupakan program pemerintah sudah dimulai di terapkan di beberapa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Medan. Hal ini merupakan langkah positip untuk mendapatkan nilai hasil ujian yang murni dan sesuai kemampuan anak didik masing-masing, Minggu (26/8/2018).

Ujian Nasional Berbasis Komputer ini juga sangat baik mendidik murid untuk mampu menjawab soal-soal yang diujikan tanpa meminta bantuan orang lain.

Namun kendala yang dihadapi pihak sekolah di Kota Medan, baik sekolah Negeri dan Swasta, penyediaan Komputer masih sangat minim, dan tidak jarang masih ada sekolah-sekolah yang belum memiliki fasilitas komputer yang memadai untuk siap melaksanakan UNBK tersebut.
Sehingga, ada beberapa sekolah SMP saat ini yang melakukan kebijakan dengan mengundang orangtua murid untuk melakukan sosialisasi kepada orangtua yaitu, agar orangtua bersedia menyediakan laptop bagi anak mereka masing-masing yang nantinya digunakan untuk pelaksanaan ujian UNBK yang akan datang.

Kebijakan tersebut mendapat dukungan dari orangtua siswa yang mampu dari segi ekonomi, namun bagi orangtua siswa yang kurang mampu, kebijakan tersebut menjadi beban, sebab jangankan membeli laptop, untuk kebutuhan sehari-hari saja mereka sudah kewalahan.

Menanggapi hal tersebut, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Medan, Drs.Wong Chun Sen Tarigan, M.Pd.B kepada wartawan mengatakan pihak sekolah seharusnya menyediakan fasilitas komputer dan alat pendukung lainnya untuk pelaksanaan UNBK Tahun depan, karena itu merupakan tanggungjawab pihak sekolah.

“Selain Komputer, pihak sekolah juga harus menyediakan server (Autopatching) UNBK dan Wifi, agar jangan sampai pada pelaksanaan ujian, jaringan lost hingga berjam-jam, sehingga ujian tidak dapat sesuai waktu yang di tentukan.Jika sekolah belum mampu menyediakan ini, jangan dulu melaksanakan UNBK,” terangnya.

Untuk itu lanjut Wong, pihak sekolah jangan bebankan siswa apalagi orangtua untuk menyediakan komputer atau laptop untuk persiapan UNBK yang akan datang, karena tidak semua murid yang bersekolah di Negeri orang mampu,” ucap anggota Dewan dari Komisi B (2) ini.

Untuk itu tambah Wakil Rakyat dari Dapil 4 (3) ini, Pemerintah Kota Medan mestinya menyediakan sarana dan prasarana fasilitas komputer untuk mendukung pelaksanaan UNBK Tahun, mulai dari penyediaan komputer, server untuk Autopatching, teknisi sebagai penanggungjawab server dan penyediaan listrik agar pelaksanaan UNBK dapat berjalan sukses dan lancar.

“Jika sarana dan fasilitas komputer tersebut, belum terpenuhi pihak sekolah jangan meminjam apalagi meminta orangtua murid untuk menyediakan komputer atau laptop, karena akan memberatkan terutama bagi orangtua siswa yang kurang mampu,” pungkas Ketua Taruna Merah Putih Kota Medan ini.(Riz)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply