UMUM

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

JURU WARTA ONLINE

Peras Kuli Bangunan, Preman Panggaron Ini Dibekuk Polsek Medan Helvetia

HELVETIA, JWO- Chandra Pradinata Munthe (32) warga Jalan Sei Wampu Medan Baru dan Roy Chandra Simare mare (32) warga Jalan Danau Poso Sei ...

Header Ads

VIDEO

NASIONAL

KRIMINAL

POLITIK & HUKUM

DAERAH

OLAHRAGA

KESEHATAN

» » Kapolsek Sunggal Ajak Masyarakat Lebih Cermat Menghadapi Berita Hoax

SUNGGAL, JWO- Kapolsek Sunggal Kompol Wira Prayatna mengajak seluruh masyarakat khususnya yang berada di wilayah hukum Polsek Sunggal untuk lebih cermat dalam melihat berita hoax agar tak terpengaruh isu-isu negatif yang dapat memberikan dampak yang buruk, Senin (19/3/2018).

Kapolsek Sunggal Kompol Wira Prayatna mengatakan bahwa hoax merupakan bentuk dari suatu kebohongan yang diciptakan untuk membentuk pola pikir pembaca.

"Opini para pembaca dapat terpengaruh jika berita hoax tersebar," ungkapnya.

Wira menjelaskan bahwa jika opini masyarakat sudah terpengaruhi hoax, maka dapat mempengaruhi pola pikir dan tindakan masyarakat yang diambil dikemudian hari.

"Opini negatif, fitnah, penyebar kebencian yang diterima dan menyerang pihak ataupun membuat orang menjadi takut dan terancam dapat merugikan pihak yang diberitakan sehingga dapat merusak reputasi dan menimbulkan kerugian materi," jelasnya.

Mantan Wakasat Narkoba Polresta Medan ini menyebutkan masyarakat lebih cenderung percaya hoax jika informasinya sesuai dengan opini atau sikap yang dimiliki. Secara alami perasaan positif akan timbul dalam diri seseorang jika opini atau keyakinannya mendapat afirmasi sehingga cenderung tidak akan mempedulikan apakah informasi yang diterimanya benar dan bahkan mudah saja bagi mereka untuk menyebarkan kembali informasi tersebut.

"Hal ini dapat diperparah jika si penyebar hoax memiliki pengetahuan yang kurang dalam memanfaatkan internet guna mencari informasi lebih dalam atau sekadar untuk cek dan ricek fakta," sebut Wira.

Wira menyarankan kepada masyarakat untuk terlebih dahulu mencari tahu kebenaran yang sesungguhnya agar dapat terhindar dari berita hoax.

"Jika mendapat suatu berita, jangan langsung di-share, cari tahu dulu kenyataannya agar tidak menjadi bumerang bagi diri sendiri," saran Wira.

Sekedar informasi, Hoax adalah usaha untuk menipu atau mengakali pembaca atai pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut mengetahui bahwa berita tersebut adalah palsu.(Riz)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply