UMUM

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

JURU WARTA ONLINE

Kapolres Pelabuhan Belawan Sambut Kunjungan Rombongan Bawaslu Medan

BELAWAN, JWO- Ketua Bawaslu kota Medan Payung Harahap SE MM beserta rombongan beraudensi ke Polres Pelabuhan Belawan dalam rangka menjelan...

Header Ads

VIDEO

NASIONAL

KRIMINAL

POLITIK & HUKUM

DAERAH

OLAHRAGA

KESEHATAN

» » Tingkatkan Kualitas SDM, Polsek Sunggal Gelar Pelatihan Olah TKP

SUNGGAL, JWO- Dalam meningkatkan SDM Personil, Polsek Sunggal melakukan pelatihan pelatihan olah TKP dan pengambilan sidik jari yang digelar di lapangan apel Polsek Sunggal, Jumat (19/1/2018).

Kegiatan tersebut dilatih oleh Team Inafis Polrestabes Medan yang dipimpin oleh Wakapolsek Sunggal AKP Artha Sebayang dengan didampingi Kanit dan Panit serta personel Polsek Sunggal.

Team inafis menerangkan dan mempraktekan cara olah TKP saat kejadian penemuan mayat yakni, Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TPTKP) yang artinya tempat dimana suatu tindak pidana dilakukan atau terjadi atau tempat dimana barang bukti korban berhubungan dengan tindak pidana.

Tujuan dan maksud penanganan TKP yakni menjaga agar TKP dalam keadaan utuh, melindungi agar barang bukti tidak hilang atau rusak, tidak ada perubahan penambahan dan pengurangan serta tidak berubah letaknya.

Lalu petugas juga diajarkan cara bertindak di TKP dengan memberikan perlindungan, pertolongan pertama pada masyarakat, menutup dan mengamankan TKP (mempertahankan status), memberitahukan kepada pihak berwajib (polisi).

Selain itu, penanganan TKP dan Modus Operandi, urutan-urutan tindakan di TKP serta tindakan-tindakan terhadap korban juga diajarkan oleh Team Inafis Polrestabes Medan.

Kapolsek Sunggal Kompol Wira Prayatna mengatakan kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut arahan Kapolrestabes Medan, agar personil meningkatkan SDM-nya sehingga pelayanan terhadap masyarakat yang diharapkan dapat terwujud.

"Kegiatan ini juga sejalan dengan Program Promoter Kapolri, khususnya mengenai peningkatan Profesionalisme Polri dalam pelaksanaan tugas," ungkapnya.

Wira mengatakan bahwa setelah adanya pelatihan ini, setiap ada kejadian di wilkum Polsek Sunggal, maka TIM Inafis Polsek Sunggal akan turun ke lapangan, untukk lakukan olah TKP dan sidik jari guna mengungkap kasus yang telah terjadi.(Riz)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply