UMUM

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

JURU WARTA ONLINE

Pemuda Pancasila Tanjung Pinang Gelas Muscab ke V

Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) cabang Pemuda Pancasila di Tanjungpinang, Kepulauan Riau menggelar Musyawarah Cabang V (Lima) Pemuda Pan...

Header Ads

VIDEO

NASIONAL

KRIMINAL

POLITIK & HUKUM

DAERAH

OLAHRAGA

KESEHATAN

» » Perbaikan Jalan Pulau Samosir Dilakukan Pembetonan


Medan,Expose,- Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan  terus melakukan perbaikan jalan rusak di Kota Medan.  Kamis (16/11) malam,  organisasi perangkat daerah (OPD) yang bertugas menangani masalah infrastruktur ini melakukan pembetonan Jalan Pulau Samosir di Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan dan pengaspalan Jalan HM Jhoni simpang Jalan Bahagia By Pass,  Kelurahan Teladan Timur, Kecamatan Medan Kota.
                Selain melakukan pembetonan dan pengaspalan, Dinas PU juga melakukan patching(penambalan) di Jalan Menteng Rayang simpang Jalan Bahagia By Pass, Kelurahan  Pasar Merah Timur, Kecamatan Medan Area. Perbaikan jalan ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pengguna jalan.
                Kadis PU Kota Medan Khairul Syahnan mengatakan, perbaikan Jalan Pulau Samosir dilakukan dengan pembetonan. Sebab, kondisi wilayah di sana sangat rentan tergenang  air menyusul datangnya air pasang. Jika dilakukan pengaspalan, hasilnya tidak akan tahan lama, sebab aspal  akan mengelupas kembali jika sering terendam air.
                “Itu sebabnya perbaikan jalan kali ini dilakukan dengan pembetonan. Selain lebih kuat dan tahan lama, pembetonan ini dapat menghempang air pasang memasuki rumah warga sekitar. Terbukti dengan pembetonan jalan yang telah kita lakukan di sejumlah titik di kawasan Medan bagian Utara, ternyata  dapat meminimalisir  air pasang masuk dan menggenangi rumah warga,” kata Syahnan
                Proses pembetonan berjalan lancar, para pekerja dengan cepat meratakan (scereeding)  coran yang dituangkan dari mobil molen. Selanjutnya mereka meratakan coran sampai permukaan mal  yang telah dipasang di sisi kiri maupun kanan jalan. Agar kualitas pembetonan lebih kuat dan tahan lama, coran yang telah di-screeding selanjutnya  di-floatinguntuk menghilangkan ketidakteraturan pada permukaan beton.
                “Selesai di-scereeding dan floating,  terakhir kita lakukan trowelling untuk memastikan kelebihan air pada coran benar-benar telah menguap sehingga jalan yang dicor itu benar-benar padat dan tidak mudah retak nantinya,” jelas Syahnan.
                Sementara itu di tempat terpisah, pekerja Dinas PU juga melakukan pengaspalan di Jalan HM Jhoni simpang Jalan Bahagia By Pass, persisnya depna Supermarket Irian. Selama ini jalan rusak sehingga sangat menganggu kenyaman masyarakat sekitar maupun para pengendara kenderaan bermotor ketika melintasinya.
                Sejumlah alat berat milik Dinas Bina Marga diturunkan untuk mendukung kelancaran pengaspalan tersebut. Proses pengaspalan ini sempat mengganggu kelancaran arus lalu lintas namun tidak sampai membuat terjadinya kemacetan. “Dengan pengaspalan yang kita lakukan ini, masyarakat pengguna jalan dapat merasa tenang dan nyaman kembali,” harapnya.
                Sedangkan untuk Jalan Menteng Raya simpang Jalay Bahagia By Pass, Syahnan mengatakan, kerusakan jalan tidak cukup parah sehingga dilakukan dengan patching menutup sejumlah lubang  yang ada di badan jalan. Patching ini dilakukan dengan menggunakan finisher set  agar hasilnya lebih baik lagi. (Aden)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply